9

Ipar Jokowi Duduki Jabatan Komisaris Independen BNI

Sigit Widyawan, Ipar Jokowi menjabat Komisaris Independen PT BNI (Persero) sejak 2018

TEMPO.CO, Jakarta - Kerabat Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang duduk di sejumlah posisi di perusahaan pelat merah rupanya tak henti pada dua kemenakannya. Ada nama Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi, saat ini sudah masuk periode kedua, menduduki jabatan Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI. Ipar Jokowi itu pertama kali ditunjuk menduduki posisi ini sejak 2018-2022. Pada 2022 ia kembali ditunjuk lanjut menjabat komisaris independen pada 2022-2025.

“Saya hanya mengikuti sesuai yang diamanatkan di dalam tugas komisaris untuk pengawasan,” kata Sigit, menceritakan tugas dia sebagai Komisaris Independen BNI melalui sambungan telepon kepada Tempo, Selasa, 11 Juni 2024. Sigit tak membantah dirinya dua kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen BNI—sejak 2018-2022—dan ditunjuk pada 2022 untuk menjabat hingga lima tahun.

Sigit mengatakan, sebagai komisaris independen ada berbagai tugas pengawasan. Menurutnya, tugas pengawasan itu untuk pemantauan internal BNI. Kerja komisaris independen menurutnya dibagi dalam empat komite, yakni komite audit, pemantau risiko, nominasi dan remunerasi, serta tata kelola terintegrasi. “Ada pembagiannya masing-masing,” tutur dia.

Sigit mematikan telepon dengan alasan harus sarapan pagi. Sigit tak menjawab saat ditanya dua kali memegang jabatan komisaris independen. “Maaf sudah masuk di meeting ini,” ujar dia, merespons pertanyaan yang dikirimkan ke nomor WhatsApp-nya. Dia menyatakan akan merespons setelah tak sibuk.

Hubungan Sigit dan Jokowi terpaut sangat dekat. Sigit menikahi Nining Roni Widyaningsih—sepupu Jokowi. Keduanya mempunya dua anak, laki-laki dan perempuan. Nining adalah putri dari Miyono Suryo Sarjono. Miyono merupakan kakak tertua Sujiatmi—ibu Jokowi. Kedua orang ini punya satu saudara laki-laki, Setiawan Prasetya. Ketiganya merupakan putra-putri Wirorejo dan Sani.

Miyono—yang wafat pada 22 Februari 2022—adalah paman yang selalu mendukung kiprah politik Jokowi. Mertua Sigit ini juga yang kerap tampil di muka—menangkis isu miring yang menyasar Jokowi. Putrinya, Nining, Pembina Kipasan Solo—relawan yang bergerak menghimpun dukungan untuk presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Corporate Secretary PT BNI Okki Rushartomo, mengatakan Sigit saat ini masih menjabat sebagai Komisaris Independen di BNI. Jabatan itu diberikan perusahaan ini sejak 20 Maret 2018 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahun 2018. Menurut dia, keputusan pengangkatan komisaris independen merupakan hak pemegang saham yang dilakukan melalui proses seleksi ketat, transparan, dan akuntabel.

Menurut Okki, penunjukkan jabatan itu kepada Sigit dilakukan secara profesional. “Dengan mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, profesionalisme, reputasi, dan independensi yang dimiliki oleh calon komisaris independen,” ucap Sigit, melalui aplikasi perpesanan pada Selasa, 11 Juni 2024. Dia mengatakan, Sigit menduduki posisi itu karena memiliki latar belakang pendidikan mumpuni. Dia sarjana lulusan ekonomi dari Universitas Negeri Sebelas Maret dan magister akuntansi Universitas Indonesia.

Selain Sigit, dua keponakan Jokowi, Bagaskara Ikhlasulla Arif dan Joko Priyambodo, juga menduduki jabatan di perusahaan milik negara. Bagaskara memegang jabatan Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). Sebelum di Pertamina, dia menjabat posisi penting di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Jabatan Manager Non-Government Relation itu dia emban sejak Maret 2024.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, mengatakan Bagaskara direkrut Pertamina sejak tahun 2021. "Melalui jalur profesional atau experienced hire," kata Fadjar saat dihubungi, Kamis, 6 Juni lalu. Sementara Joko menjabat Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik—anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Dia resmi berada di posisi strategis tersebut sejak 20 Mei 2024. Joko adalah menantu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Pilihan editor: Menantu Anwar Usman Duduki Jabatan Direktur di Anak Usaha Pertamina